7.25.2013

Negara-negara yang Memblokir Google

Rasanya tidak di pungkiri lagi bahwa kita sekarang hidup di tengah kemajuan teknologi yang berkembang pesat . Internet pun tak luput perannya sebagai pencari informasi terbaru atau berita yang murah , gratis dan tentunya bisa di akses kapanpun dan dimanapun kita berada.




Nah , seluruh pengguna internet pun pasti mengenal yang namanya GOOGLE . Google adalah mesin pencari informasi terbesar dan populer dengan direktori web terbanyak . Hampir apapun informasi atau gambar yang kita cari selalu ada di halaman pencariannya . Sepertinya Google sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan internet baik bagi pelajar ataupun masyarakat umum .

Namun selain sisi positif itu , ada juga beberapa sisi negatifnya . Ya . Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menambahkan situs dewasa milik mereka dalam direktori web Google . Untuk itulah ada beberapa negara yang melarang penduduknya untuk mengakses Google dan bahkan memblokirnya .

Negara apa saja itu ?

1. Pakistan

Pakistan telah memblokir salah satu layanan Google yaitu YouTube karena YouTube telah menyebarkan video anti islam . Ditambah tidak ada mode "filter" saat itu di YouTube . Maka dari itu Pakistan menentang dan memblokir situs video terbesar karena tidak sesuai dengan etika negara islam tersebut . Pakistan akhirnya memblokir YouTube sejak 17 Desember 2012 sampai sekarang. Selain itu Pakistan juga memblokir situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter karena masalah serupa .

2. Bangladesh
Pemerintah Bangladesh memblokir YouTube untuk mencegah orang di negara tersebut melihat video anti islam seperti video yang melecehkan Nabi Muhammad SAW. Bangladesh memblokir Youtube sejak 17 Desember 2012 sampai sekarang.

3. China


Hampir seluruh layanan Google dan Facebook tidak bisa diakses di China lantaran pemerintah Tirai Bambu telah memblokirnya. Pemblokiran Google dilakukan sejak 11 Oktober 2009 hingga saat ini. Selain Google Site dan Facebook, pemerintah China juga memblokir  Album Web Picasa . Youtube diblokir di China sejak 23 Maret 2009 sampai sekarang . Sedangkan Picasa Webs Album diblokir pemerintah China sejak 16 Juli 2009 sampai sekarang.

Para pengamat memprediksi kalau pemblokiran ini dilakukan agar pengalihan kekuasaan antara pemerintah lama dan yang baru dapat berjalan mulus, tanpa adanya protes di dunia maya.

Kasus pemblokiran layanan Google di China memang sudah sering terjadi. Negara tersebut memang terkenal memiliki beberapa sistem kontrol ketat di dunia internet.

4. Iran 
Pemerintah Iran telah memblokir YouTube dan Facebook . Pemblokiran dilakukan sejak 13 Juni 2009 sampai sekarang. Alasan pemblokiran tidak berbeda jauh dengan Pakistan . Selain itu Iran juga memblokir Gmail .

Cukup itu saja beberapa informasi yang Reyhan bisa dapatkan dari beberapa sumber berita dan forum . Terimakasih dan mohon komeng nya :)

1 comment: