8.01.2013

Kupas Tuntas Hal-hal yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi kita semua walaupun hanya berlangsung selama sekitar 30 hari saja. Dalam waktu itu kita di ajarkan banyak makna kehidupan dalam berpuasa menahan lapar , haus dan hawa nafsu . Banyak yang sangat menantikan datangnya bulan Ramadhan ini karena banyak alasan dan hal yang menarik . Seperti mudik misalnya . Selain mudik tentu ada lagi pastinya kegiatan atau hal-hal yang akan teman-teman pikir "wah iya" setelah membaca artikel ini .


1. Main petasan

Bermain petasan adalah hal yang tidak bisa lepas saat bulan Ramadhan . Kita akan mendengar suara petasan atau melihatnya ketika selesai sholat tarawih . Biasanya akan lebih besar dan meriah ketika malam takbiran . Namun bermain petasan sungguh berbahaya dan banyak resikonya . Apalagi banyak anak-anak yang bermain petasan tanpa di dampingi orang tua .

2. Takjil dan Ngabuburit
  
Jalanan yang di lain bulan sepi dan lenggang kini menjadi ramai ketika bulan Ramadhan . Tidak heran karena setiap sore di pinggir jalan banyak penjual takjil dan orang-orang yang sedang ngabuburit . Alhasil jalanan menjadi macet di beberapa sudut kota yang menjadi pusat berjualan takjil .

3. Buber

Acara yang hanya di adakan selama bulan puasa saja , yaitu berbuka bersama. Buber biasanya di lakukan di rumah teman , rumah makan , sekolah atau bahkan masjid

4. Pondok Ramadhan

Setiap sekolah selalu mengadakan program pondok Ramadhan untuk menambah kualitas imtaq murid-muridnya di bulan Ramadhan . Para murid selama hari yang di tentukan mengenakan busana muslim ke sekolah . Ada juga yang memondokkan murid-muridnya ke pondok pesantren . Selama pondok Ramadhan, para murid di beri ceramah dan materi tentang akhlak , tadarus bersama dan banyak lagi..

5. Perbaikan Jalan

"Tradisi tahunan" yang pengerjaannya selalu ngebut menjelang musim mudik dan Lebaran . Khususnya di jalur Pantura . Buat yang ini , no comment deh...


6.Buku Kegiatan Ramadhan

Buku yang hanya di berikan kepada murid SMP dan SD untuk di isi kegiatan si pemilik buku itu selama bulan Ramadhan. Tingkat kejujuran : 40% hehe

7.Sholat Tarawih

Sholat setelah Isya' yang hanya ada di bulan Ramadhan . Masjid-masjid pun tentu ramai karena banyaknya jamaah shalat tarawih ketika bulan ini . Namun persentase banyaknya jumlah jamaah di masjid bisa di hitung tiap minggunya hehe...

8. Jasa Penukaran Uang Baru

Banyak penyedia jasa penukaran uang baru yang muncul ketika bulan Ramadhan tiba . Mereka biasanya berjualan berjejeran di pinggir jalan raya .

9. THR 

Sudah menjadi tradisi kultural di negeri kita apabila menjelang Hari Raya Idul Fitri, para pekerja mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) sehingga pekerja dapat memanjakan keluarga mereka dengan pakaian baru, perlengkapan alat Sholat, hidangan lezat di Hari Raya atau sekedar melepas penat bersama keluarga. Mungkin inilah saat yang paling di nanti setelah lelah bekerja selama bulan Ramadhan

10. Toko Baju Ramai

Setelah mendapat THR biasanya mal-mal dan pasar baju menjadi ramai di kunjungi pembeli . Papan diskon pun banyak tertampang di depan toko . Para pencopet pun semangat berkeliaran memanfaatkan situasi ini .

11. Angka Kriminalitas

Jelang Lebaran justru angka kriminalitas meningkat tajam . Alhasil banyak polisi yang di kerahkan untuk meminimalisir angka kejahatan selama Lebaran . Jika teman-teman akan mudik , kunci baik-baik rumah nya ya..

12. Mudik

Entah darimana budaya pulang ke kampung halaman alias mudik ini berasal . Tapi yang pasti jalanan akan menjadi super macet ketika H- Lebaran . Tidak itu saja , arus balik setelah Lebaran juga tidak kalah macetnya . So , berhatilah-hatilah dan selama mudik bersama keluarga :)

13. Malam Takbir

Suasana jalanan dan kota menjadi meriah dan padat ketika malam takbir . Banyak konvoi yang menabuh bedug dan kembang api yang ikut memeriahkan suasana. Di lain daerah ada juga yang mengadakan parade . Masjid-masjid pun tidak henti-hentinya menyerukan takbir melalui toa .

14. Opor ayam dan Ketupat

Tradisi di Palembang yang biasanya menghidangkan opor ayam dan ketupat setelah sholat Ied . Syarat utama selain tradisi tersebut adalah rendang daging sapi , pempek dan kue basah .

15. Sungkeman

Tradisi sungkeman ini dapat kita jumpai di masyarakat Jawa setelah sholat Ied. Makna sungkeman merupakan wujud bakti anak kepada orang tua sekaligus sebagai tanda hormat anak kepada orang yang dianggap sebagai orang yang dituakan. Sang anak juga meminta maaf kepada orang tua serta mencium tangannya .

16 . Halal bi Halal


Halal bi halal adalah istilah untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling ber maaf-maaf an. Tradisi ini bahkan juga mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan halal bi halal melalui media online dan gadget modern. Saling bermaafan melalui handphone, media sosial, dan semacamnya.

Nah seru kan kalau bulan Ramadhan tiba di Indonesia ? Cukup sampai di sini dulu . Postingan ini berdasarkan hasil pengamatan saya selama ini loh. Kalau ada yang kurang atau mengkoreksi silahkan berkomentar :)

Sekian terimaksih , semoga masih bisa bertemu di Ramadhan selanjutnya . Amin~

3 comments:

  1. jasa penukiaran uang.. dijalan-jalan banyk mungkin mau lebaran kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap berapa langkah selalu ada hehe

      Delete
  2. hoho iya bener banget tuh gan, persenan juga banyak hehe

    ReplyDelete